DETAIL DOCUMENT
REPRESENTASI EKSISTENSI DIRI PADA IKLAN DJARUM 76 OM JIN VERSI “PENGEN EKSIS”
Total View This Week1
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
Nureza, Muhammad Elfan
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-16 05:21:23 
Abstract :
Penelitian ini berfokus pada penggambaran eksistensi dalam iklan Djarum 76 versi “Om Jin” dengan judul “Pengen Eksis?”. Pada iklan rokok Djarum 76 versi “Om Jin” dengan cerita “Pengen Eksis?”, menggunakan kata eksis yang merupakan tren baru yang timbul di masyarakat Indonesia. Sehingga peneliti ingin mengetahui tentang penggambaran pesan mengenai eksistensi khalayak yang semakin meningkat dalam iklan Djarum 76 versi “Om Jin” dengan cerita “Pengen Eksis?”. Pada teori semiotika versi Roland Barthes lebih mengedepankan aspek makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana pendekatan ini diarahkan untuk mengungkap aspek-aspek penyusunan sebuah teks dalam suatu media. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis semiotik dari Roland Barthes dengan tahapan menerangkan isi teks secara cermat, lalu memaknai masing-masing tanda secara terpisah dan kolektif lalu menimbang makna konotasi dari teks. Selanjutnya memberikan makna dan menafsirkan sesuai dengan teori eksistensi sesuai pemaknaan yang telah di bedah dalam tahap kedua. Lalu membagi makna tersebut dalam kode-kode yang telah ditemukan dan membandingkan cara kode-kode tersebut digunakan. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik Roland Barthes untuk dapat membagi signifier dan signified untuk mendapatkan makna denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini bahwa makna eksistensi secara denotasi adalah “ada” yang memiliki aktualisasi yang dinamis, hadir dan menampakan diri, baik pada benda ataupun manusia. Makna eksistensi secara konotasi adalah tidak hanya “ada” melainkan bagaimana “keadaan” sesuatu memberikan makna atau dimaknai oleh sesuatu yang lain. Makna eksistensi secara mitos adalah “keadaan” dengan bukti fisik yang dalam penelitian ini berupa foto seperti foto profil (avatar) pada media sosial yang ditunjukan pada peringatan “merokok membunuhmu” yang ditampilkan pada media yang dapat dimaknai oleh masyarakat secara luas. Keyword : Representasi, Eksistensi, Semiotika, Barthes, Iklan, Rokok, Djarum. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws