DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA MATERI BILANGAN BERPANGKAT KELAS X SMK
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Jenia, Serafina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-07-03 04:30:43 
Abstract :
Untuk mempermudah memahami dalam mempelajari matematika perlu dikaitkan dengan aktivitas keseharian peserta didik. Seperti yang diterapkan pada materi bilangan berpangkat pada penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi aktivitas apa saja yang dilakukan guru dan peserta didik dalam pembelajaran CTL, mengetahui hasil belajar dan respon peserta didik. Hasil penelitian akan dijabarkan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 1 Sidoarjo kelas X TKJ. Jumlah peserta didik dalam satu kelas adalah 34 orang. Hasil analisis data yang dilakukan adalah Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran CTL pada materi bilangan berpangkat diperoleh nilai 4,00 yang termasuk dalam kriteria sangat aktif. Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran sudah dapat dikatakan aktif, karena dari 34 peserta didik 26 kriteria aktif dan 8 masih kriteria kurang aktif karena tidak mengikuti pertemuan pertama. Hasil belajar peserta didik kelas X TKJ setelah mengikuti tes soal bilangan berpangkat dikatakan tuntas karena presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 88,23%. Respon peserta didik dikatakan positif karena seluruh butir pernyataan termasuk dalam kategori sangat positif dan positif maka respon peserta didikdikatakan positif. Sehingga penerapan model pembelajaran CTL dapat dikatakan efektif. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo