Abstract :
Untuk mempermudah memahami dalam mempelajari matematika
perlu dikaitkan dengan aktivitas keseharian peserta didik. Seperti
yang diterapkan pada materi bilangan berpangkat pada penelitian
ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengeksplorasi aktivitas apa
saja yang dilakukan guru dan peserta didik dalam pembelajaran
CTL, mengetahui hasil belajar dan respon peserta didik. Hasil
penelitian akan dijabarkan secara deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif.. Penelitian dilakukan di SMK PGRI 1 Sidoarjo kelas X
TKJ. Jumlah peserta didik dalam satu kelas adalah 34 orang. Hasil
analisis data yang dilakukan adalah Kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran CTL pada materi bilangan berpangkat
diperoleh nilai 4,00 yang termasuk dalam kriteria sangat aktif.
Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran sudah dapat
dikatakan aktif, karena dari 34 peserta didik 26 kriteria aktif dan 8
masih kriteria kurang aktif karena tidak mengikuti pertemuan
pertama. Hasil belajar peserta didik kelas X TKJ setelah mengikuti
tes soal bilangan berpangkat dikatakan tuntas karena presentase
ketuntasan hasil belajar mencapai 88,23%. Respon peserta didik
dikatakan positif karena seluruh butir pernyataan termasuk dalam
kategori sangat positif dan positif maka respon peserta didikdikatakan positif. Sehingga penerapan model pembelajaran CTL
dapat dikatakan efektif.