DETAIL DOCUMENT
MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Firmanto, Firmanto
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-07-03 04:32:50 
Abstract :
Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah teknik pembelajaran yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis dalam bentuk tulisan. Serta mempertajam ketrampilan berfikir kritis. Maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif Think Talk Write (TTW). Dan kemandirian belajar siswa yang tinggi akan lebih berkembang dan memperoleh prestasi belajar yang sangat baik jika model pembelajarannya menggunakan Model pembelajaran TTW. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang mendeskripsikan kejadian sebab akibat ketika perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses awal pemberian perlakuan sampai akhir dari dampak sebuah perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di MTs. Maarif NU Ngaban Tanggulangin Sidoarjo kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar 83,3% kategori sangat baik pada siklus II yang sebelumnya hanya 66,3% pada siklus II. Sehingga respons siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sudah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penilitian pada peningkatan kemandirian belajar bisa diukur dengan meningkatnya nilai indikator dalam angket kemandirian belajar sebagai landasan peneliti bahwa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) akan terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa, yakni angket kemandirian di siklus I menghasilkan nilai 33% siswa menyatakan sangat setuju dan mengalami peningkatan menjadi 50% dalam siklus II. Semakin tinggi tingkat kemandirian belajar siswa, maka semakin tinggi pula tingkat inisiatif siswa dalam belajar. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo