Abstract :
Model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah teknik pembelajaran
yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis dalam
bentuk tulisan. Serta mempertajam ketrampilan berfikir kritis. Maka tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran
dengan model kooperatif Think Talk Write (TTW). Dan kemandirian
belajar siswa yang tinggi akan lebih berkembang dan memperoleh prestasi
belajar yang sangat baik jika model pembelajarannya menggunakan Model
pembelajaran TTW. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian
tindakan kelas yang mendeskripsikan kejadian sebab akibat ketika
perlakuan diberikan, dan memaparkan seluruh proses awal pemberian
perlakuan sampai akhir dari dampak sebuah perlakuan. Penelitian ini
dilaksanakan pada tahun ajaran 2022/2023 di MTs. Maarif NU Ngaban
Tanggulangin Sidoarjo kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
siswa mengalami peningkatan hasil belajar 83,3% kategori sangat baik
pada siklus II yang sebelumnya hanya 66,3% pada siklus II. Sehingga
respons siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sudah
memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penilitian
pada peningkatan kemandirian belajar bisa diukur dengan meningkatnya
nilai indikator dalam angket kemandirian belajar sebagai landasan peneliti
bahwa dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) akan terjadi
peningkatan kemandirian belajar siswa, yakni angket kemandirian di siklus
I menghasilkan nilai 33% siswa menyatakan sangat setuju dan mengalami
peningkatan menjadi 50% dalam siklus II. Semakin tinggi tingkat
kemandirian belajar siswa, maka semakin tinggi pula tingkat inisiatif siswa
dalam belajar.