Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpikir kreatif peserta didik
MA Nurul Islam kelas X IPA dalam menyelesaikan soal matematika model PISA
yang ditinjau dari kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dirancang untuk mengetahui
berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika model PISA.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian
2 macam tes soal dan wawancara. Soal pertama yang diberikan guna menentukan
subjek adalah soal kemampuan matematika yang diambil dari buku panduan guru.
Kemudian setelah digolongkan berdasarkan kemampuan matematika tinggi,
sedang dan rendah, subjek diberikan soal matematika model PISA yang terdiri
dari 2 butir soal. Berdasarkan olahan data tersebut, diperoleh bahwa subjek
berkemampuan tinggi memenuhi indikator berpikir kreatif kelancaran (fluency)
,keluwesan (flexibility),ketelitian (elaboration), tetapi keaslian (originality) masih
kurang mampu memenuhi. Subjek berkemampuan sedang mampu memenuhi 2
indikator saja yaitu, kelancaran (fluency) dan ketelitian (elaboration). Subjek
berkemampuan rendah tidak mampu memenuhi indikator keluwesan
(flexibility),ketelitian (elaboration), keaslian (originality) dan kurang mampu
memenuhi indikator berpikir kreatif kelancaran (fluency).