Abstract :
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena rendahnya kemampuan berpikir
kritis siswa yang disebabkan oleh penyebaran virus covid 19. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan
menggunakan model Brain Based Learning (BBL).
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kuantitatif.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk soal
uraian dan lembar angket yang dibuat berdasarkan indikator kemampuan berpikir
kritis. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Huda Bulusari Kecamatan Gempol
Kabupaten Pasuruan pada tahun pelajaran 2021/ 2022 semester genap. Dengan
teknik One-Shot Case Study yang memberikan perlakuan terhadap kelompok
eksperimen dan melaksanakan post test terhadap kelas eksperimen yang diperoleh
sampelnya yaitu siswa kelas IX.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based
Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa meliputi mengidentifikasi,
menganalisis, menghubungkan, memecahkan masalah dan mengevaluasi pada
siswa kelas IX materi bangun ruang sisi lengkung mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa.