Abstract :
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan
mendeskripsikan Profil Taksonomi SOLO Siswa dalam Menyelesaikan Soal
Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika.
Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-A SMP Darul Ulum pada semester ganjil
tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini berjumlah tiga siswa yang terdiri
dari satu siswa berkemampuan rendah, satu siswa berkemampuan sedang, dan
satu siswa berkemampuan tinggi. Instrumen penelitian ini menggunakan tes
kemampuan dasar sebagai sarana untuk mengelompokkan siswa sesuai dengan
kemampuan yang dimiliki dan tes tulis serta wawancara untuk mengetahui
taksonomi SOLO siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah teorema
pythagoras. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah
mampu memenuhi indikator level prestruktural, maka siswa hanya dapat
dikategorikan kedalam taksonomi SOLO pada level prestruktural. Siswa
berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator level multistruktural, maka
siswa hanya dapat dikategorikan kedalam taksonomi SOLO pada level
multistruktural. Siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi indikator level
relasional, maka siswa hanya dapat dikategorikan kedalam taksonomi solo pada
level relasional.