DETAIL DOCUMENT
PROFIL TAKSONOMI SOLO SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Puspaningrum, Livia Dwi
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2023-07-03 04:37:38 
Abstract :
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan Profil Taksonomi SOLO Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII-A SMP Darul Ulum pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini berjumlah tiga siswa yang terdiri dari satu siswa berkemampuan rendah, satu siswa berkemampuan sedang, dan satu siswa berkemampuan tinggi. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan dasar sebagai sarana untuk mengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan tes tulis serta wawancara untuk mengetahui taksonomi SOLO siswa dalam mengerjakan soal pemecahan masalah teorema pythagoras. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah mampu memenuhi indikator level prestruktural, maka siswa hanya dapat dikategorikan kedalam taksonomi SOLO pada level prestruktural. Siswa berkemampuan sedang mampu memenuhi indikator level multistruktural, maka siswa hanya dapat dikategorikan kedalam taksonomi SOLO pada level multistruktural. Siswa berkemampuan tinggi mampu memenuhi indikator level relasional, maka siswa hanya dapat dikategorikan kedalam taksonomi solo pada level relasional. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo