DETAIL DOCUMENT
Strategi Humas Polrestabes Surabaya Dalam Membangun Citra Positif Pada Media
Total View This Week1
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
SOEPRIANTO, YAHYA
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-16 06:12:47 
Abstract :
Public Relations memiliki tugas untuk menciptakan atau mempertahankan citra positif dihadapan publik perusahaan. Dalam menciptakan ataupun mempertahankan citra positif perusahaan dapat dilakukan dengan menanamkan kepercayaan kepada para stakeholders, yaitu publik internal maupun eksternalnya. Diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk membentuk sebuah citra. Citra akan mampu terlihat atau terbentuk melalui strategi komunikasi yang tepat. Strategi Public Relations hanya dengan menanamkan kepercayaan kepada publik saja tidakl cukup untuk memperoleh citra positif. Citra positif yang sudah dibangun perlu dipertahankan dan dimaintain, karena erat kaitannnya dengan reputasi perusahaan. Begitu kepercayaan publik luntur karena reputasi yang negatif, maka akan sulit untuk memulihkan kepercayaan tersebut. Pelaksanaan strategi yang tepat melalaui program media relations perusahaan dapat meningkatkan publisitas perusahaan dihadapan stakeholders, dengan menanamkan kepercayaan serta membangun reputasi positif merupakan cara memperoleh citra positif. Keberhasilan pekerjaan Public Relations dalam memperoleh publisitas dapat diperoleh dari hubungan yang harmonis dengan media. Tidak dapat dipungkiri, bahwa peran media sangat vital dalam publisitas dan pencitraan dimata publik. Dalam mengelola relasi dengan media massa, humas melakukannya dengan memberikan informasi mengenai kegiatan yang dilakukan Polrestabes Surabaya setiap pagi, memberikan fasilitas press room yang cukup nyaman kepada para wartawan sebagai awak media, membangun hubungan informal dengan wartawan dari media cetak dan juga non cetak dan membuat buku saku yang didalamnya terdapat daftar media dan daftar petugas kehumasan .(2)Setelah mengelola relasi, humas mengembangkan strategi dengan cara menggunakan berbagai macam media yaitu media cetak, media elektronik dan internet. Strategi tersebut dilakukan agar informasi yang disampaikan humas melalui media dapat diterima dengan baik oleh publik, dan juga agar hubungan yang tecipta dapat terjaga dengan baik oleh humas dan media massa.(3)Proses yang ketiga yaitu dengan cara mengembangkan jaringan. Dalam mengembangkan jaringan, humas melalukannya dengan organisasi kehumasan, dan juga organisasi kewartawanan, PWI dan Pokja wartawan di lingkungan Polrestabes Surabaya. Dengan melakukan hubungan tersebut, humas bisa mendapatkan informasi yang terbaru mengenai kehumasan dan juga mengenai media yang selalu berkembang di Kota Surabaya.(4)Media yang digunakan polrestabes Surabaya dalam pelayanan pada wartawan dari media cetak dan juga non cetak ialah dengan memakai jejaring social seperti facebook dan twiter sehingga penyampaian informasi dapat mudah diakses dengan cepat. Keywords : Strategi Humas ,Membangun Citra Positif, Media 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws