Abstract :
Interpretasi perokok pasif terhadap gambar visual bahaya merokok dalam kemasan rokok di Indonesia. Interpretasi perokok pasif tidak lepas dari persepsi khalayak. persepsi yang dihasilkan adalah mengenai persepsi masyarakat terhadap gambar visual bahaya merokok dalam kemasan rokok. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan perokok pasif terhadap gambar peringatan bahaya merokok?. Tujuan dari penelitian ini adalah memperkaya ilmu kepada pembaca dan memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang bahaya merokok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan dengan metode wawancara secara mendalam. Proses wawancara mendalam dilakukan peneliti dengan beberapa informan atau khalayak disesuaikan dengan kategori yang ditentukan yaitu khalayak yang termasuk perokok pasif. Kemudian menganalisis hasil wawancara dengan menerapkan analisis persepsi dalam pemaknaan pesan. Dan yang terakhir menglarifikasi posisi pemaknaan pesan. Penelitian ini menggunakan tiga area penelitian yaitu, site of self, site of production, site of audience. Kesimpulan dari penelitian ini meliputi, site of self peneliti menemukan bahwa komunikasi visual pada gambar peringatan bahaya merokok bertujuan untuk mengurangi jumlah perokok aktif. Site of production, pembuatan gambar visual tergolong menyeramkan sebagai bentuk promosi kesehatan dan edukasi bahaya merokok, sedangkan site of audience, secara wawancara mendalam terhadap beberapa informan untuk menemukan pemaknaan pesan dari gambar kemasan rokok. Posisi pemaknaan adalah negosiasi. Saran secara akademik, dikembangkan lagi teori analisa persepsi dalam konsep komunikasi visual, sedangkan secara paktis, persepsi yang dihasilkan informan sebaiknya memberikan solusi dari permasalahan pada penelitian ini.