DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KOMUNIKASI GURU BK (BIMBINGAN KONSELING) DALAM MELAKUKAN KONSELOR TERHADAP PESERTA DIDIK DI SMK WACHID HASYIM SURABAYA
Total View This Week11
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
SULHAN, M.
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-04 04:28:36 
Abstract :
Manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupannya senantiasa menggunakan sarana komunikasi untuk berinteraksi. Contohnya proses komunikasi yang terjadi setiap hari antara guru dan siswanya. Oleh karena peneliti ingin mengetaui bagaimana strategi guru Bimbingan Konseling saat berkomunikasi dengan siswanya, maka judul penelitian ini “Strategi Komunikasi Guru BK (Bimbingan Konseling) dalam Melakukan Konselor Terhadap Peserta Didik di SMK Wachid Hasyim Surabaya”. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah diskriptif kualitatif, dan untuk mengetahui hasilnya menggunakan teori komunikasi antarpribadi De Vito tentang ciri-ciri berlangsungnya komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh Guru BK ditemukan dalam membimbing siswa, berdasarkan wawancara sikap keterbukaan (openness), empati (empathy), dukungan (supportiveness), rasa positif (positiveness), dan kesetaraan (equality). Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa Guru BK dalam melakukan konseling kepada peserta didiknya sudah ada beberapa strategi akan tetapi perlu meningkatkan dalam mengetahui potensi peserta didiknya, serta seorang Guru BK harus menyadari fungsi utamanya untuk menjadi Guru Bimbingan dan Konseling agar bisa membantu peserta didiknya dalam mengatasi masalah. Kata kunci :Strategi Komunikasi, Guru Bimbingan Konseling, Remaja, Peserta Didik 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws