Abstract :
Penelitian ini berangkat dari ketertarikan penulis mengetahui distribusi majalah Gapura di Surabaya khususnya ketua RW. Sehingga muncul ketertarikan terhadap minat baca di majalah Gapura. Sebuah majalah yang berisi informasi khalayak, segmentasinya kepada ketua Rukun Warga (RW). Selain itu majalah Gapura menghasilkan beberapa kegiatan positif untuk warga Surabaya. Pendistribusian majalah Gapura bertujuan untuk memberi informasi dan mengembangkan minat baca. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan teori minat. Yaitu pendekatan yang berfungsi untuk mengetahui kejadian sosial dan menganalisis kejadian yang sedang terjadi. Pendekatan ini berfungsi menganalisis didalam proses komunikasi massa yang membuat tumbuhnya inisiatif untuk mengaitkan minat baca sebagai kebutuhan anggota khalayak dan tanggapannya terhadap yang disampaikan media massa. Teori yang berasumsi bahwa media mempunyai kemampuan tumbuhnya kecenderungan khalayak dalam membaca karena menganggap informasi itu penting. Berdasarkan analisis dalam penelitian yang menggunakan teori minat dalam penelitian ini diperoleh bahwa majalah Gapura yang didistribusikan dalam satu bulan sekali pada ketua RW. Diketahui minat baca ketua RW terhadap majalah Gapura itu tinggi dalam konteks berapa kali dalam seminggu anda membaca.