Abstract :
Skripsi ini berisi penelitian mengenai pengaruh brand repositioning M Radio 98,8 FM terhadap kebutuhan pengetahuan musik masyarakat 21-29 tahun di Surabaya. M Radio melakukan perubahan siarannya dengan menggunakan penyiar dan memutar playlist mancanegara di dalam setiap siarannya untuk memberikan informasi kepada masyarakat sesuai fungsi media.
Penelitian ini memfokuskan pada penelitian kuantitatif mengenai penggunaan media dan kepuasan yang diperoleh.Penelitian ini berlandaskan pada teori penggunaan media dan kepuasan (uses and gratification theory). Dalam penelitian ini, peneliti meneliti brand repositioning yang dilakukan M Radio untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan musik masyarakat Surabaya Sesuai dengan perumusan masalah yang akan diteliti yaitu “seberapa besar pengaruh brand repositioning terhadap kebutuhan musik masyarakat 21-29 tahun di Surabaya dengan sampel 100 orang reesponden berumuh 21- 29 tahun di wilayah Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya. Peneliti menemukan hasil, tentang seberapa besar pengaruh brand repositioning M Radio 98,8 FM terhadap kebutuhan pengetahuan musik masyarakat 21-29 tahun di Surabaya.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa brand repositioning berpengaruh siginifikan terhadap pemenuhan kebutuhan pengetahuan musik masyarakat Surabaya. Dengan demikian M Radio seharusnya memberikan SDM penyiar yang berkualitas untuk mempertahankan brand positioningnya.
Kata kunci: Brand Repositioning, M Radio 98,8 FM, Uses and Gratification, Dukuh Pakis