DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PROGRAMMING RADIO MERDEKA FM SURABAYA DALAM MENGOPTIMALKAN TARGET AUDIENS
Total View This Week2
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
MARTHATIANA, GRESIA ZUMARDA
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2020-07-29 01:55:04 
Abstract :
Penelitian Strategi Programming Radio Merdeka FM Surabaya dalam Mengoptimalkan Target Audiens. Merdeka FM merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kepenyiaraan, dan mengacu pada format siaran Soft Adult Contemporary yaitu untuk kaum dewasa muda dengan rentang usia 24 hingga 35 tahun. Permasalahan yang dialami oleh Merdeka FM adalah menurunnya jumlah pendengar Merdeka FM sehingga menyebabkan tidak tercapainya target yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan wawancara semi-terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Peneliti menggunakan metode membercheck untuk mengetahui sebarapa jauh data yang diperoleh sesuai dengan apa yang diberikan oleh pemberi data. Dalam fenomena ini sangat berkaitan dengan teori komunikasi massa McCombs dan Shaw bahwa media massa memiliki kekuatan dalam mempengaruhi dan membentuk persepsi masyarakat namun bagaimanapun semuanya kembali lagi kepada individu mereka yang memiliki kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka terima. Dari data yang telah didapat direduksi dan dianalisis menggunakan konsep Compability, Habit Formation, Control of Audience Flow, Conservation of Program Resources dan Breadth of Appeal yang diperkenalkan oleh Sydney W. Head sebagai acuan untuk mengupas strategi programming radio Merdeka FM Surabaya dalam mengoptimalkan target audiens. Compability atau kesesuaian mencakup program siaran yang ada di Merdeka FM sudah sesuai dengan situasi dan kondisi kegiatan sehari-hari pendengar. Selanjutnya Habit Formation atau membangun kebiasaan mencakup proses program yang ada di Merdeka FM belum bisa mendengarkan dan membangun kebiasaan yang menjadi kesukaan pendengar. Selanjutnya Control of Audience Flow atau mengatur alur pendengar mencakup kestabilan pendengar Merdeka FM dapat memaksimalkan jumlah pendengarnya dan meminimalisir pendengar untuk berpindah ke stasiun radio yang lain dengan cara membuat program siaran yang serupa dengan radio lain namun tetap dengan pengemasan yang berbeda. Kemudian Conservation of Program Resources atau pemeliharaan sumber daya program mencakup pengemasan ulang materi konten program siar Merdeka FM agar tidak monoton bagi pendengar serta Breadth of Appeal atau daya tarik yang luas yakni penyajian program siaran Merdeka FM yang sudah sesuai dengan kebutuhan pendengar dengan memberikan gimmick-gimmick untuk memberikan. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa, strategi programming radio Merdeka FM sudah cukup baik namun masih perlu pembenahan lagi dalam perencanaan program siaran dan pemilihan acara yang disajikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan pendengar. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws