Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
KUSUMA, VIOGUSTHA IRSANTY
Subject
HE Transportation and Communications
Datestamp
2020-07-29 02:08:03
Abstract :
Penelitian ini berjudul Manajemen Krisis CV. Trisula Mandiri Group (Industri Peternak dan Pakan Ikan) dalam Menangani Pemberitaan Negatif. Pemberitaan yang berisi tentang kesalahan perusahaan dalam melayani pesanan pelanggan, tersebar melalui sebuah grup di aplikasi chatting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan perusahaan terhadap krisis yang menerpa, dan bagaimana cara mengembalikan kepercayaan masyarakat setelah terjadinya krisis.
Penelitian menggunakan metode kualitatif, desain penelitian deskriptif dengan mewawancarai informan. Informan pada penelitian ini adalah Humas dan Direktur CV. Trisula Mandiri Group. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa hasil wawancara, observasi, dan mengumpulkan data sekunder.
Hasil penelitian yaitu terdapat dua pemahaman dalam sebuah krisis perusahaan yang dialami, yaitu krisis komunikasi dan krisis produktifitas. CV. Trisula Mandiri Group telah melaksanakan sebagian besar konsep-konsep strategi humas dalam menejemen krisis menurut Mcelreath, yaitu: Pendalaman fakta (fact finding), Perencanaan (planning and programming), Mengambil tindakan dan berkomunikasi (action and communicating). Untuk membangun kembali citra dan kepercayaan di masyarakat setelah krisis yang menerpa perusahaan, humas CV. Trisula Mandiri Group melakukan branding image dan melakukan pendekatan dengan konsumen.