DETAIL DOCUMENT
ANALISA POLITICAL BRANDING JOKOWI SEBAGAI CALON PRESIDEN 2019 DI KANAL YOUTUBE RIA RICIS
Total View This Week1
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
SAFIFAH, DIAH ARINATUS
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2020-10-28 03:06:39 
Abstract :
Fenomena political branding yang menarik di era saat ini adalah dengan media baru. Jokowi sebagai calon presiden pada tahun 2019 lalu juga memanfaatkan new media yaitu youtube sebagai sarana political branding pada masa kampanye. Beberapa public figure sekaligus influencer berkolaborasi dengan Jokowi sebagai konten untuk diunggah ke kanal youtube. Ria Ricis sebagai salah satu public figure yang menjadi youtuber dengan subscriber 21 juta per Juli 2020 dengan jumlah terbanyak di Asia Tenggara secara ekslusif membuat konten bersama Jokowi dan keluarganya di Istana Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui political branding Jokowi yang terdapat dalam konten youtube Ria Ricis Official. Dari tujuan penelitian tersebut, rumusan masalah yang dapat diambil oleh peneliti yaitu bagaimana analisa political branding Jokowi sebagai calon presiden pada saat itu melalui kanal youtube Ria Ricis. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teori Analisis Wacana model Teun Van Dijk yang memiliki tiga aspek yaitu teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Hasil yang ditemukan dari penelitian ini yaitu dari segi teks topik utama yang disampaikan dalam konten youtube Ria Ricis Official adalah branding politik yang dilakukan mengandung sifat kepemimpinan (The Law of Leadership) dan personalityl kepribadian (The Law of Personality), namun penekanan yang lebih ditonjolkan dalam konten tersebut adalah unsur personality dari sosok Jokowi bersama dengan keluarganya. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws