DETAIL DOCUMENT
ANALISIS SEMIOTIKA PESAN SOSIAL VIDEO KLIP BORN TO BEAT (BTOB) “IT’S OKAY”
Total View This Week1
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
MARSYEILINA, YUNIAR
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2020-11-02 01:45:34 
Abstract :
Video klip merupakan salah satu produk komunikasi massa yang berperan dalam menyampaikan pesan kepada khalayak. Analisis semiotika adalah ilmu tentang tandatanda. Studi tentang tanda dan segala yang berhubungan dengannya, cara berfungsinya, hubungannya dengan tanda-tanda lain, pengirimannya dan penerimaannya oleh mereka yang menggunakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui interpretif pesan sosial dan makna denotasi, makna konotasi, serta makna mitos yang terdapat dalam video klip BTOB „It‟s Okay‟. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif – interpretif, hal tersebut disebabkan peneliti memusatkan penelitian ini pada kata-kata tertulis dari perilaku orang-orang yang diamati sebagai data. Setelah mengkaji video klip BTOB “It‟s Okay” melalui penelitian scene by scene, hasil analisis data dari penelitian ini yaitu, kita harus lebih peduli, lebih menghargai, dan mau menerima keadaan yang terjadi dilingkungan sekitar. Dari semua yang sudah dijelaskan dapat di analisis bahwa dalam video klip BTOB “It‟s Okay”, personil BTOB mengusung konsep perilaku masyarakat dalam bersosialisasi diantaranya perlakuan orang-orang didekat yang tidak jarang membuat kita merasa direndahkan, disakiti, dan diacuhkan. Kata kunci: Pesan Sosial, Semiotika, Video Klip, BTOB. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws