DETAIL DOCUMENT
Penerapan Prinsip Pagar Api Dalam Program Update Malam di SBO TV Periode 1 Februari – 28 Februari 2017
Total View This Week2
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
Irmar, Via
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-04 06:07:07 
Abstract :
Pemberian batasan atau dalam jurnalistik dikenal dengan istilah pagar api masih menjadi masalah redaksional beberapa perusahaan media massa, khususnya media massa elektronik. Pagar api berfungsi untuk memisahkan antara tayangan advertorial dan berita. Tujuannya untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan netralitas berita serta memisahkan informasi yang bersifat fakta dan opini. Advertorial adalah iklan yang dikemas dalam bentuk produk jurnalistik. Selama periode 1 Februari hingga 28 Februari 2017 terdapat 5 konten tayangan di program Update Malam SBO TV yang memuat advertorial dan ditayangkan bersama dengan konten berita tanpa ada batasan. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan kajian studi kasus. Berdasarkan Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa selama bulan Februari 2017, 5 konten tayangan di Update Malam melanggar pasal 65 P3SPS Nomor 02/P/KPI/03/2012. Karena dalam penayangannya tidak ada batasan yang menjelaskan bahwa konten – konten tersebut adalah advertorial seperti yang telah diatur dalam P3SPS pasal 65. Hal ini dikarenakan sumberdaya manusia yang terbatas, pemimpin redaksi dan produser tidak mengetahui secara penuh isi dari P3SPS, kelalaian produser dalam memberikan batasan yang jelas, kurang maksimalnya sosialisasi KPID Jatim akan aturan ini, kurang maksimalnya pengawasan yang dilakukan KPID Jatim terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh lembaga penyiaran dan kurang tegas sanksi yang diberikan menjadi faktor pelanggaran seperti ini masih kerap terjadi. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws