Abstract :
Spesial Report merupakan sebuah tayangan berita yang memadukan pola news konvensional dengan kreativitas pada on air presentation. Mengangkat isu-isu aktual yang berkaitan langsung dengan kehidupan publik. Banyak hal yang berbeda dalam acara talkshow ini, selain penyampaian informasi yang dikemas secara serius namun santai, acara ini juga menampilkan para narasumber yang benar-benar kompeten berkaitan dengan isu atau peristiwa yang diangkat. Tentu memerlukan sebuah perencanaan produksi secara profesional untuk mengemas, menyajikan, menyampaikan, serta memilih topik yang dijadikan bahan diskusi dengan para narasumber. Bagaimana sebuah industri televisi, khususnya di iNewsTV Surabaya dalam merencanakan program siarannya? Bagaimana pula kebijakan redaksi menjadi dasar dalam penentuan nilai berita?. Bagaimana pula konsep perencanaan produksi televisi, khususnya produksi penyiaran berita yang dikemas dalam bentuk talkshow? Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan pembahasan secara deskriptif, yaitu meneliti suatu keadaan dalm kontek kehidupan nyata. Karena penelitian ini berangkat dari pertanyaan “bagaimana†maka, menurut Robert K. Yin, penelitian ini lebih strategis jika menggunakan metode penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif (Robert K Yin, 2013). Dalam konsep penerapannya penelitian ini akan menggambarkan sebuah rancangan perencanaan produksi dari hasil obsevasi dan wawancara. Secara teknik penelitian ini akan menyimpulkan beberapa instrumen-instrumen pendukung di dalam menggagas sebuah acara agar acara tersebut dapat dikatakan berhasil. Seperti pada program Spesial Report yang menjadi acara talkshow dengan kemasan yang dinamis dan menarik.