DETAIL DOCUMENT
STRATEGI KOMUNIKASI RADIO EBS FM SURABAYA DALAM MEMPROMOSIKAN REBRANDING IMAGE
Total View This Week11
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
RAMYANINGRUM, TITAH
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-04 08:30:49 
Abstract :
Meski suatu produk/brand telah memiliki merek yang dikenal oleh khalayak luas, titik kejenuhan dalam siklus hidup suatu produk terkadang mengharuskan perusahaan untuk melakukan perubahan-perubahan agar tetap memiliki daya saing. Perubahan yang dilakukan terhadap merek inilah yang dikenal dengan sebutan rebranding. Salah satu perusahaan yang melakukan rebranding adalah Radio EBS FM Surabaya yang bersegmentasi anak muda dewasa usia 15-25 tahun. Dalam menyuarakan image barunya, tentu perusahaan memiliki strategi yang digunakan untuk memperkenalkan kebaruan yang ada. Berbagai perubahan yang membuat image perusahaan berbeda dari sebelumnya pun harus memiliki keunikan agar rebranding membuahkan hasil. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Radio EBS FM Surabaya dalam mempromosikan rebranding image –nya. Maka dari itu dalam pembahasan penelitian, peneliti mencoba menjabarkan tahapan strategi komunikasi Radio EBS FM Surabaya menurut Fred. R. David yaitu: Perumusan strategi, Implementasi strategi dan Evaluasi strategi. Di samping itu peneliti juga menjelaskan Strategi Komunikasi Internal dan Eksternal Radio EBS FM Surabaya yang mengacu pada teori strategi komunikasi Chris Fill dengan tiga teori utama, yaitu pull strategy, push strategy dan profile strategy. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara kepada beberapa narasumber serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan Radio EBS FM Surabaya telah mengimplementasikan strategi yang sudah dirumuskan sebelumnya, yang kemudian sampai pada suatu simpulan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan pihak EBS FM dalam mempromosikan rebranding image –nya sudah cukup baik terbukti dengan adanya kenaikan pendengar maupun jumlah followers di sosial media EBS 105.9 FM. Keyword: rebranding image, strategi komunikasi, promosi 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws