Abstract :
Penelitian ini tentang motif pria dewasa membaca majalah remaja HAI. Bertujuan untuk mengetahui motif responden pria dewasa yang membaca majalah remaja HAI. Populasi yang digunakan pelanggan majalah HAI di Surabaya. Peneliti menggunakan empat kategori motif yaitu Motif informasi, Motif identitas pribadi, Motif integrasi dan interaksi sosial, dan Motif hiburan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode survei, teori yang digunakan uses and gratification; merupakan teori yang mengasumsikan bahwa pengguna media mempunyai pilihan dalam mengkonsumsi media untuk memuaskan kebutuhannya, dan menentukan jumlah sampel. Peneliti menggunakan rumus slovin, dari populasi 1.727 (hasil setelah survei) orang yang berada di Surabaya diperoleh 94 sampel. Berdasarkan usia 35 – 44 tahun. Sumber data pelanggan diperoleh dari manajemen majalah HAI, referensi buku yang ada hubungannya dengan penelitian ini, dan melakukan penelitian di lapangan.
Teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi dengan menghitung frekuensi data tersebut kemudian dipresentasekan dan menarik kesimpulan dari keempat motif tersebut. Keempat motif ini sangat berperan penting dalam diri pria dewasa yang menjadi pendorong untuk membaca majalah remaja HAI yang segmentasinya khusus laki-laki berusia 15 – 24 tahun. Tetapi bila dibandingkan antara keempat motif tersebut untuk keseluruhan responden, maka motif hiburan yang menjadi hipotesis karena lebih berpengaruh dalam diri pria dewasa membaca majalah remaja HAI.