DETAIL DOCUMENT
PENALARAN ANOMALI SISWA SMP AL-ISLAM KRIAN PADA MATERI POLA BILANGAN
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Anggraini, Fenny Devita
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-07-16 07:34:16 
Abstract :
Penyelesaian suatu permasalahan yang dilakukan siswa dapat dipengaruhi oleh penalarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran anomali siswa SMP Al-Islam Krian pada materi pola bilangan. Untuk mengetahui penalaran anomali, peneliti menggunakan tes penalaran anomali yang terdiri dari empat soal dengan salah satunya memiliki pola penyelesaian yang berbeda. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif dengan subjek sebanyak 3 siswa (1 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 1 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 1 siswa dengan kemampuan matematika rendah) pada kelas VIII-H SMP Al-Islam Krian tahun ajaran 2018-2019. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes (tes kemampuan matematika dan tes penalaran anomali) serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang berkemampuan matematika tinggi dapat menggunakan penalaran anomali artinya siswa dapat memenuhi ketiga indikator, siswa yang berkemampuan matematika sedang kurang menggunakan penalaran anomali artinya siswa hanya memenuhi kedua indikator, siswa yang berkemampuan matematika rendah tidak dapat menggunakan penalaran anomali artinya siswa tidak memenuhi ketiga indikator. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo