DETAIL DOCUMENT
STRATEGI PENGAJUAN SOAL SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Sari, Sinta Wulan
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-07-16 07:37:45 
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengajuan soal siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-C SMP Negeri 2 Sedati, Sidoarjo pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes TPS, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat mengajukan soal pada ketiga kategori yaitu, reformulasi soal, rekonstruksi soal, dan imitasi soal. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat mengajukan soal pada ketiga kategori, tetapi konsteksnya masih sederhana. Siswa dengan kemammpuan matematika rendah hanya dapat mengajukan soal pada kedua kategori yaitu reformulasi soal dan rekonstruksi soal, pada kategori imitasi tidak dapat mengajukan soal. Pengajuan soal adalah merumuskan atau mengajukan pertanyaan matematika dari situasi yang diberikan sesudah pemecahan soal. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo