Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
strategi pengajuan soal siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika.
Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII-C SMP Negeri 2 Sedati, Sidoarjo pada
semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah tiga siswa
terdiri dari satu siswa dengan kemampuan matematika tinggi, satu siswa
berkemampuan matematika sedang, dan satu siswa berkemampuan matematika
rendah. Instrumen yang digunakan adalah lembar soal tes TPS, dan pedoman
wawancara. Hasil penelitian siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat
mengajukan soal pada ketiga kategori yaitu, reformulasi soal, rekonstruksi soal,
dan imitasi soal. Siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat mengajukan
soal pada ketiga kategori, tetapi konsteksnya masih sederhana. Siswa dengan
kemammpuan matematika rendah hanya dapat mengajukan soal pada kedua
kategori yaitu reformulasi soal dan rekonstruksi soal, pada kategori imitasi tidak
dapat mengajukan soal. Pengajuan soal adalah merumuskan atau mengajukan
pertanyaan matematika dari situasi yang diberikan sesudah pemecahan soal.