Abstract :
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
menganalisis berpikir kritis siswa dalam memecahkan soal cerita. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu penyebaran angket, tes dan wawancara. Angket digunakan
untuk menentukan subjek penelitian. Tes digunakan untuk melihat berpikir siswa dalam
memecahkan soal cerita. Wawancara digunakan untuk menambah keakuraratan dalam
memecahkan soal cerita. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi
teknik. Sebagian siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik
dapat memenuhi indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana,
membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, memberikan penjelasan lanjut dan
mengatur strategi dan taktik. Sedangkan sebagian siswa yang lain dengan gaya belajar
visual dan kinestetik ada yang tidak memenuhi indikator berpikir kritis yaitu
memberikan penjelasan lanjut. Sedangkan sebagian siswa yang lain dengan gaya belajar
auditorial ada yang tidak memenuhi indikator berpikir kritis yaitu menyimpulkan dan
memberikan penjelasan lanjut.