Abstract :
Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa diharapkan mampu
mengembangkan penalaran proporsional untuk menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan proporsi. Penalaran proporsional dapat mengajak siswa untuk
memahami konsep-konsep matematika, dapat menggunakan ide-ide dan prosedur
lebih fleksibel untuk masalah-masalah yang berkaitan dengan proporsi. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penalaran proporsional siswa
SMP kelas VIII yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dalam
menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019 di kelas VIIIA
SMP Negeri 4 Sidoarjo. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan TKM
kemudian dikelompokkan pada 3 kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah
berdasarkan standar deviasi. Subjek penelitian ini adalah 6 orang, yaitu 3 siswa
lak-laki dan 3 siswa perempuan dimana setiap kelompok jenis kelamin terdiri dari
siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Keenam siswa
tersebut diberi TPP dan setelah itu dilakukan wawancara. Tes tulis yang diberikan
terdapat 2 soal, yaitu perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai. Tes
tulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator penalaran proporsional dan
menyelesaikan soal berdasarkan tahapan menurut Polya. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini menunjukkan penalaran proporsional siswa berjenis kelamin lakilaki yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan
soal matematika cenderung lebih baik daripada siswa berjenis kelamin perempuan
yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Begitu juga dengan siswa yang
memiliki tingkat kemampuan matematika sedang maupun rendah lebih unggul
siswa laki-laki daripada perempuan.