Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan
kepraktisan alat peraga ?Pantura? pada materi transformasi Geometri. Penelitian
ini menggunakan model pengembangan menurut S. Thiagarajan, Dorothy S.
Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974: 5) yang telah dimodifikasi yaitu model 4D
(four D models) yang terdiri dari 4 tahap : 1. Tahap pendefinisian (Define) , 2. Tahap
perancangan (Design), 3. Tahap Pengembangan (Develop), 4. Tahap penyebaran
(Disseminate). Penelitian ini dilakukan dengan (1) memvalidasikan alat peraga
?Pantura? kepada validator untuk dapat diketahui kevalidannya, (2)
mengujicobakan kepada siswa dengan lembar observasi yang diisi oleh pengamat
tujuan untuk mengetahui kepraktisan alat peraga, (3) memberikan angket dan tes
hasil belajar siswa untuk dapat diketahui keefektifan alat peraga ?Pantura?.
Kesimpulannya adalah alat peraga ?Pantura? dapat dikategorikan valid karena ratarata skor total keduanya yaitu 3,25 atau termasuk dalam kategori valid. Hasil
analisis data lembar observasi pada ujicoba lapangan menunjukkan persentase
aktivitas siswa adalah 89% tercapai atau termasuk dalam kategori praktis.sehingga
alat peraga ?Pantura? dapat dikatakan praktis. Hasil analisis data angket respon
siswa diperoleh rata-rata persentase respon siswa adalah 84,6% siswa memperoleh
nilai tuntas atau 25 anak dari 30 subjek mendapat nilai ? 70. Sehingga alat peraga
?Pantura? dapat dikatakan efektif.