DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Alat Peraga Pantura pada Materi Transformasi Kelas XI di MA Darunnajah Tulangan
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Maulidiyah, Alvin
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-07-16 08:19:23 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan alat peraga ?Pantura? pada materi transformasi Geometri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974: 5) yang telah dimodifikasi yaitu model 4D (four D models) yang terdiri dari 4 tahap : 1. Tahap pendefinisian (Define) , 2. Tahap perancangan (Design), 3. Tahap Pengembangan (Develop), 4. Tahap penyebaran (Disseminate). Penelitian ini dilakukan dengan (1) memvalidasikan alat peraga ?Pantura? kepada validator untuk dapat diketahui kevalidannya, (2) mengujicobakan kepada siswa dengan lembar observasi yang diisi oleh pengamat tujuan untuk mengetahui kepraktisan alat peraga, (3) memberikan angket dan tes hasil belajar siswa untuk dapat diketahui keefektifan alat peraga ?Pantura?. Kesimpulannya adalah alat peraga ?Pantura? dapat dikategorikan valid karena ratarata skor total keduanya yaitu 3,25 atau termasuk dalam kategori valid. Hasil analisis data lembar observasi pada ujicoba lapangan menunjukkan persentase aktivitas siswa adalah 89% tercapai atau termasuk dalam kategori praktis.sehingga alat peraga ?Pantura? dapat dikatakan praktis. Hasil analisis data angket respon siswa diperoleh rata-rata persentase respon siswa adalah 84,6% siswa memperoleh nilai tuntas atau 25 anak dari 30 subjek mendapat nilai ? 70. Sehingga alat peraga ?Pantura? dapat dikatakan efektif. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo