Abstract :
Matematika merupakan mata pelajaran di sekolah yang memiliki peran
penting. Tetapi, matematika termasuk mata pelajaran yang sulit dimengerti.
Sehingga, perlu adanya model pembelajaran untuk membantu pelaksanaan
pembelajaran di kelas, salah satunya model pembelajaran Thinking Aloud Pair
Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru
dan siswa, hasil belajar siswa dan respons siswa selama proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan
mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa,
dan respons siswa setelah diterapkannya model pembelajaran. Instrumen
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi kemampuan guru dalam
mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa, tes, dan angket respons siswa.
Penelitian ini dilaksanakan tiga pertemuan dimana dua pertemuan untuk
pengamatan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan satu pertemuan
berikutnya untuk pengerjaan soal tes hasil belajar dan pengisian angket respons.
Hasil analisis data menunjukkan : 1) pengelolaan pembelajaran dikategorikan baik
dengan skor rata-rata 3,45. 2) Dari hasil observasi aktivitas siswa, aktivitas siswa
dikatakan baik karena ? 50% dari jumlah siswa mendapat nilai persentase
aktivitas siswa 75%. 3) Hasil belajar siswa dikategorikan tuntas dengan
persentase ketuntasan klasikal 80%. 4) Hasil respons siswa dikategorikan positif
dengan nilai persentase respons siswa di atas 50%.