DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS PADA MATERI SPLDV KELAS X SMK PLUS SABILUR ROSYAD
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Jayanti, Cicik Dwi
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-07-16 08:19:39 
Abstract :
Matematika merupakan mata pelajaran di sekolah yang memiliki peran penting. Tetapi, matematika termasuk mata pelajaran yang sulit dimengerti. Sehingga, perlu adanya model pembelajaran untuk membantu pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa dan respons siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa setelah diterapkannya model pembelajaran. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu: observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa, tes, dan angket respons siswa. Penelitian ini dilaksanakan tiga pertemuan dimana dua pertemuan untuk pengamatan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan satu pertemuan berikutnya untuk pengerjaan soal tes hasil belajar dan pengisian angket respons. Hasil analisis data menunjukkan : 1) pengelolaan pembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,45. 2) Dari hasil observasi aktivitas siswa, aktivitas siswa dikatakan baik karena ? 50% dari jumlah siswa mendapat nilai persentase aktivitas siswa 75%. 3) Hasil belajar siswa dikategorikan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal 80%. 4) Hasil respons siswa dikategorikan positif dengan nilai persentase respons siswa di atas 50%. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo