Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif
yang bertujuan untuk mendeskripsikan representasi matematis siswa SMP dalam
menyelesaikan soal matematika berdasarkan kemampuan matematika. Subjek
dalam penelitian ini 6 siswa yang mempunyai kemampuan matematika berbeda,
yaitu 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan
matematika sedang dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah yang diambil
dari kelas VIIID SMP 10 Nopember Sidoarjo. Hasil deskripsi data menunjukkan
bahwa siswa berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal
menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan masalah, membuat
persamaan matematis atau ekspresi matematis, serta menjawab permasalahan
dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis dengan hasil penyelesaian soal
sebagian besar benar. Siswa berkemampuan matematika rendah dalam
menyelesaikan soal menggunakan representasi visual untuk menyelesaikan
masalah, membuat persamaan matematis atau ekspresi matematis, serta menjawab
permasalahan dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis dengan hasil
penyelesaian soal sebagian besar salah. Siswa berkemampuan matematika rendah
dalam menyelesaikan soal representasi visual untuk menyelesaikan masalah, tidak
membuat persamaan matematis atau ekspresi matematis, serta tidak menjawab
permasalahan dengan menggunakan kata-kata atau teks tertulis sehingga hasil
penyelesaian soal salah.