Abstract :
Berdasarkan fenomena yang ada masih banyak didapatkan permasalahan kepuasan pasien pada pelayanan rawat inap maupun rawat jalan, terutama pada kurangnya pelayanan kesehatan perawat atau kepala ruangan dalam memberikan dukungan atau motivasi pada pasien terutama pada pasien rawat inap. Hal ini berkaitan dengan faktor kepuasan pasien yaitu perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja yang diberikan dengan kinerja yang di harapkan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan supervisi kepala ruangan dengan perawat dalam memberikan motivasi kepada pasien rawat inap di RS Tingkat III Kodam V Brawijaya. Metode: Dalam penelitian ini jenis dan rancang bangun yang digunakan adalah analitik atau kuantitatif. Pada penelitian ini sampelnya adalah semua perawat di ruang rawat inap RS tingkat III Kodam V Brawijaya sebanyak 57 perawat yang diambil dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data diukur dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji statistik chis quare. Hasil : Hasil uji statistik chisquare diperoleh nilai p= 0,008 (p< 0,05). Artinya Terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi kepala ruang kepada perawat dalam memberikan motivasi kepada pasien rawat inap di RS Tingkat III Kodam V Brawijaya Surabaya. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi kepala ruang kepada perawat dalam memberikan motivasi kepada pasien rawat inap di RS Tingkat III Kodam V Brawijaya kota Surabaya .