Abstract :
Dalam menyelesaikan soal cerita siswa dituntut untuk memahami isi dari soal cerita
tersebut, setelah itu siswa harus menarik kesimpulan obyek-obyek yang harus
diselesaikan dan memisalkannya dengan simbol-simbol matematika, hingga pada
tahap akhir menyusun perencanaan untuk menyelesaikannya. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan jenis kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi program linear. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan
pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Walisongo Gempol kelas XI. Penentuan
subjek dilakukan dengan pemberian tugas yang berupa 2 soal cerita program linear.
Hasil tugas dianalisis kemudian disajikan dalam tabel kesalahan siswa berdasarkan
letaknya, sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dipaparkan dalam
bentuk uraian. Selanjutnya dipilih 4 siswa dengan kesalahan terbanyak sebagai
responden dalam kegiatan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi:
mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan kesalahan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita program linear. Hasil penelitian menunjukkan letak
kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear yaitu memahami
makna soal, membuat model matematika, menggambar grafik, menentukan daerah
HP, menghitung nilai optimum, dan menulis kesimpulan. Jenis-jenis kesalahan
yang dilakukan siswa yaitu kesalahan abstraksi, konsep, komputasi dan
menafsirkan. Berdasarkan hasil analisis data wawancara penyebab siswa
melakukan kesalahan yaitu: siswa tidak teliti dalam menjawab soal, siswa belum
siap mengerjakan tugas atau dengan kata lain siswa tidak belajar sebelum
mengerjakan tugas, dan siswa tidak memahami maksud dari soal.