Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang
bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa SMK dalam
menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari gaya belajar siswa, yaitu visual,
aural, read/write, dan kinesthetic. Pengetahuan guru tentang gaya belajar siswa
dapat membantu guru dalam memaksimalkan pengetahuan dan pemahaman siswa
melalui cara penyampaian materi dan penyediaan media yang sesuai dengan gaya
belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjo pada tahun
ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya belajar
visual, aural, read/write, dan kinesthetic dapat mengklasifikasikan konsep. Siswa
dengan gaya belajar aural, read/write, dan kinesthetic tidak dapat
mengembangkan konsep. Siswa bergaya belajar kinesthetic dan siswa pertama
dengan gaya belajar read/write tidak menyajikan situasi matematika dengan tepat,
tidak menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur, serta tidak menerapkan
konsep secara algoritma. Siswa visual, aural, dan siswa kedua bergaya belajar
read/write dapat menyajikan situasi matematika, menerapkan hubungan antara
konsep dan prosedur, serta menerapkan konsep secara algoritma.