DETAIL DOCUMENT
Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMK Terhadap Materi Trigonometri Ditinjau Dari Gaya Belajar
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Hertina, Maya Dwi Putri
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-07-30 08:13:47 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa SMK dalam menyelesaikan masalah trigonometri ditinjau dari gaya belajar siswa, yaitu visual, aural, read/write, dan kinesthetic. Pengetahuan guru tentang gaya belajar siswa dapat membantu guru dalam memaksimalkan pengetahuan dan pemahaman siswa melalui cara penyampaian materi dan penyediaan media yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidoarjo pada tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya belajar visual, aural, read/write, dan kinesthetic dapat mengklasifikasikan konsep. Siswa dengan gaya belajar aural, read/write, dan kinesthetic tidak dapat mengembangkan konsep. Siswa bergaya belajar kinesthetic dan siswa pertama dengan gaya belajar read/write tidak menyajikan situasi matematika dengan tepat, tidak menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur, serta tidak menerapkan konsep secara algoritma. Siswa visual, aural, dan siswa kedua bergaya belajar read/write dapat menyajikan situasi matematika, menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur, serta menerapkan konsep secara algoritma. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo