DETAIL DOCUMENT
PROFIL PEMAHAMAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Rizkya, Novi
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2020-08-19 04:37:10 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap soal cerita, dan kurangnya minat siswa memahami soal cerita terhadap pelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman siswa berkemampuan tinggi,sedang,dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita Matematika berdasarkan Taksonomi Bloom. Penelitian ini merupakan peneliti kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan diskusi dengan guru pelajaran matematika dengan melihat nilai ulangan matematika untuk menentukan subjek penelitian yaitu dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah. Selanjutnya melakukan tes dan wawancara terhadap subjek. Tes digunakan untuk memperoleh data pemahaman siswa, wawancara untuk memperoleh data lebih mendalam tentang pemahaman siswa. Penulis menganalisis hasil tes dengan mengelompokkan pemahaman menjadi tiga kategori yaitu dengan hasil analisis pemahaman siswa kemampuan matematika tinggi memenuhi semua indikator pemahaman berdasarkan Taksonomi Bloom yaitu pemahaman menerjemahkan, pemahaman menafsirkan dan pemahaman meramalkan. Sedangkan analisis siswa kemampuan matematika sedang memenuhi dua indikator pemahaman berdasarkan Taksonomi Bloom yaitu pemahaman menerjemahkan dan pemahaman menafsirkan. Selanjutnya analisis siswa kemampuan matematika rendah hanya mencapai satu indikator pemahaman berdasarkan Taksonomi Bloom yaitu pemahaman menerjemahkan saja. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo