Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap
soal cerita, dan kurangnya minat siswa memahami soal cerita terhadap pelajaran
matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
pemahaman siswa berkemampuan tinggi,sedang,dan rendah dalam menyelesaikan
soal cerita Matematika berdasarkan Taksonomi Bloom. Penelitian ini merupakan
peneliti kualitatif. Pengambilan data dalam penelitian ini dimulai dengan
melakukan diskusi dengan guru pelajaran matematika dengan melihat nilai
ulangan matematika untuk menentukan subjek penelitian yaitu dua siswa
berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa
berkemampuan rendah. Selanjutnya melakukan tes dan wawancara terhadap
subjek. Tes digunakan untuk memperoleh data pemahaman siswa, wawancara
untuk memperoleh data lebih mendalam tentang pemahaman siswa. Penulis
menganalisis hasil tes dengan mengelompokkan pemahaman menjadi tiga
kategori yaitu dengan hasil analisis pemahaman siswa kemampuan matematika
tinggi memenuhi semua indikator pemahaman berdasarkan Taksonomi Bloom
yaitu pemahaman menerjemahkan, pemahaman menafsirkan dan pemahaman
meramalkan. Sedangkan analisis siswa kemampuan matematika sedang
memenuhi dua indikator pemahaman berdasarkan Taksonomi Bloom yaitu
pemahaman menerjemahkan dan pemahaman menafsirkan. Selanjutnya analisis
siswa kemampuan matematika rendah hanya mencapai satu indikator pemahaman
berdasarkan Taksonomi Bloom yaitu pemahaman menerjemahkan saja.