Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga
papan transformasi dalam mendukung hasil belajar siswa di MTs PP MAS Taman
pada materi transformasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
deskriptif. Subyek penelitian yaitu, siswa kelas IX MTs PP MAS Taman sebanyak
27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket respons
dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Rata-rata persentase aktivitas siswa
selama kegiatan penggunaan alat peraga papan transformasi secara keseluruhan
sebesar 85%, 2)Secara klasikal ketuntasan nilai belajar siswa selama
menggunakan alat peraga papan transformasi adalah 81,48%, 3) Rata-rata
persentase jumlah respons siswa selama kegiatan penggunaan alat peraga papan
transformasi sebesar 79,98%.Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan alat peraga papan transformasi pada materi
transformasiefektif dilakukan.