Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa,
hasil belajar serta respons siswa dengan menerapkan pembelajaran M-APOSyang
merupakan model pembelajaran berpusat pada siswa mengonstruksi
pengetahuannya sendiri dengan bantuan guru sebagai fasilitator, untuk
menemukan dan memahami konsep secara mendalam. Menggunakan siklus ADL
(Aktivitas, Diskusi kelas, Latihan soal) dengan Lembar Kerja dapat diakses
melalui Google Form.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020 di SMK PGRI 1 Sidoarjo
kelas X semester ganjil pokok bahasan eksponen. Sampel penelitian ini adalah
siswa kelas X TIPT-1 sebanyak 43 siswa. Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, soal tes dan lembar angket
respons siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru mengelola
pembelajaran secara keseluruhan rata-rata bernilai 3,48 dikriteriakan baik.
Aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung dari tiap kategori aktivitas
siswa bernilai positif yaitu 72 % - 86 % dengan rata-rata persentase 76%
dikategorikan aktif. Untuk hasil tes siswa kelas X TIPTL 1 yang memperoleh
ketuntasan belajar secara klasikal memiliki rata-rata persentase ketuntasan yaitu
86% dikategorikan tuntas. Sedangkan untuk respons siswa dari tiap pertanyaan
angket siswa merespon positif model pembelajaran M-APOS yaitu 85,1%
dikategorikan sangat aktif.