Abstract :
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan hasil analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal
matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel. Penelitian ini dilakukan di SMK
Persatuan 1 Tulangan pada tahun ajaran 2019/2020 di kelas X-Tata Busana. Subjek
dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal.
Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan
wawancara. Tes dilakukan kepada semua siswa di kelas X-Tata Busana. Dari hasil Tes
soal diambil 3 subjek yang memiliki kesalahan terbanyak. Selanjutnya subjek yang
terpilih diwawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis dengan menggunakan analisis
kesalahan Newman yaitu kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan
mentransformasi, kesalahan dalam keterampilan proses dan kesalahan pada jawaban
akhir. Berdasarkan penelitian dengan menggunakan analisis Newman dapat disimpulkan
bahwa siswa melakukan kesalahan membaca dengan bentuk kesalahan tidak dapat
membaca kata-kata penting yang ada dalam soal, siswa melakukan kesalahan memahami
dengan bentuk kesalahan tidak dapat menuliskan yang diketahui dan ditanyakan dan
menuliskan tetapi salah, siswa melakukan kesalahan mentransformasi dengan bentuk
kesalahan tidak dapat membuat model matematika, siswa melakukan kesalahan
keterampilan proses dengan bentuk kesalahan tidak dapat menyelesaikan soal dan
prosedur tidak sesuai, dan siswa melakukan kesalahan pada jawaban akhir dengan bentuk
kesalahan menuliskan jawaban salah dan tidak menuliskan jawaban.