Abstract :
Untuk memahami konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel siswa dengan nilai
matematis tinggi harus mengetahui suatu hal kemudian dimengerti , diingat dan
diterapkan dengan benar tentang materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
(SPLDV). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep pada
materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) pada siswa dengan nilai
matematis tinggi yang dilaksanakan di SMK Informatika Tulangan pada tahun ajaran
2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada Penelitian ini pemilihan
subjek diperoleh berdasarkan rekomendasi guru matematika. Data yang dikumpulkan
oleh peneliti dengan menggunalan metode tes dan wawancara. Setelah wawancara guru
untuk mendapatkan 2 subjek siswa yang mempunyai nilai matematis tinggi, setelah itu
peneliti melakukan analisis pemahaman konsep pada siswa tersebut. Kemudian
menganalisis data, analisis data meliputi: mereduksi, menyajikan dan menarik kesimpulan
pemahan konsep pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa subjek 1 memenuhi pada indikator
mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, menyajikan konsep
dalam berbagai bentuk representasi matematis,memilih, memanfaatkan prosedur
tertentu dan mengaplikasikan konsep atau alogaritma pemecahan masalah.
Sedangkan pada subjek subjek 2 memenuhi indikator menyatakan ulang sebuah
konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu,
mengaplikasikan konsep atau alogaritma pemecahan masalah,
menggunakan,memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu.