Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan media komik dalam pembelajaran sejarah
di kelas X SMK Negeri 1 Beji dan 2) Menghasilkan produk komik yang layak untuk
dijadikan media pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 1 Beji. Berdasarkan tujuan
penelitian maka jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and
Development/RnD) yang bertujuan untuk membuat komik menjadi produk media
pembelajaran sejarah yang layak digunakan. Ada lima tahap penelitian pengembangan yang
harus dilakukan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5)
Evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuisioner,
observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif dengan teknik mencari rata-rata (mean) karena data utama yang
dianalisis berupa data kuantitatif yang berasal dari skor kuisioner yang diberikan. Data
kuantitatif penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data validasi dan data uji coba. Data
validasi diisi oleh ahli materi, ahli media, dan guru sejarah. Data uji coba diisi oleh para
siswa yang menjadi subjek uji coba penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
komik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran sejarah. Hal itu ditunjukkan
oleh: 1) Hasil validasi ahli materi yang menyatakan komik berpredikat ?baik?, 2) Hasil
validasi ahli media yang menyatakan komik berpredikat ?baik?, 3) Hasil validasi guru sejarah
yang menyatakan komik berpredikat ?baik?, dan 4) Hasil uji coba kepada siswa yang
menyatakan komik berpredikat ?sangat baik?.