Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata
hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan Model Active Learning Tipe Index
Card Match dengan kelas eksperimen yang menggunakan Teams Games Tournament
serta untuk mengetahui respons siswa pada kelas yang Diterapkan Model Active
Learning Tipe Index Card Match dan Teams Games Tournament. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018-2019
di SMA Walisongo Gempol kelas XI. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA
2 sebanyak 26 siswa dan XI IPA 3 sebanyak 26 siswa tahun pelajaran 2018-2019
dengan menggunakan teknik Random Sampling. Sedangkan instrumen yang digunakan
adalah lembar soal tes dan lembar kuesioner. Berdasarkan penelitian ini diketahui
bahwa tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yaitu dari nilai sign.
(0,228)>0,05 dan respons siswa yang menggunakan pembelajaran Model Active
Learning Tipe Index Card Match (ICM) dan Teams Games Tournament (TGT) pada
kategori positif dan sangat positif.