Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan antara model pembelajaran
langsung dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Aljabar di SMP
Hasjim Asj?ari Tulangan. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian
ini dilaksanakan di SMP Hasjim Asj?ari Tulangan pada semester genap tahun ajaran
2017/2018. Subyek penelitian ini adalah kelas VII-B yang berjumlah 25 siswa
sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII-A yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas
eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan model pembelajaran
langsung dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan model pembelajaran
Discovery Learning. Instumen dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan instrumen soal pre-test
dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara
model pembelajaran langsung dan model pembelajaran Discovery. Hal ini
dibuktikan dari hasil uji-t dengan nilai signifikansi 0.003 < 0.05 berarti H0 ditolak.
Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran
Discovery Learning adalah sebesar 9.5 poin sedangkan peningkatan rata-rata hasil
belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung, sebesar 12.8
poin. Sehingga peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan
model pembelajaran langsung lebih besar 3.3 poin dibandingkan dengan
peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model Discovery
Learning