DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kecemasan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Hasil Belajar Siswa.
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Natasya, Adella Ayu
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2020-09-23 07:42:40 
Abstract :
Dalam menyelesaikan soal matematika, siswa harus mampu mengontrol kecemasannya terutama ketika siswa menyelesaikan tes matematika. Hal ini diduga kecemasan mempunyai pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar pada masing-masing individu dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kecemasan matematika siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi sistem persamaaan linear dua variabel (SPLDV) terhadap kemampuan komunikasi matematis. 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kecemasan matematika siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi sistem persamaaan linear dua variabel (SPLDV) terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 15 siswa kelas VIII SMP Perjuangan Prambon. Penelitian ini menggunakan metode angket dan tes tulis untuk melihat tingkat kecemasan matematika, kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditunjukkan dari nilai korelasinya sebesar 0,684 dan nilai thitung = 3,379 > ttabel = 2,160. Kecemasan mempunyai pengaruh sebesar 46,8% terhadap kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dari nilai korelasinya sebesar 0,657 dan nilai thitung = 3,140 > ttabel = 2,160. Kecemasan mempunyai pengaruh sebesar 43,1% terhadap hasil belajar. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo