DETAIL DOCUMENT
Penalaran Kuantitatif Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal HOTS
Total View This Week0
Institusion
STKIP PGRI Sidoarjo
Author
Aprilaksono, Guntur
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2020-09-03 07:08:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kuantitatif siswa SMA dalam menyelesaikan soal HOTS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 3 Tulangan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa dari kelas X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 3 Tulangan yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen dalam penelitian dengan pendekatan kualitatif ini menggunakan soal tes dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan triangulasi waktu dengan membandingkan data waktu pertama dengan waktu kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara ketiga siswa yang memiliki kemampuan matematika berbeda, hanya siswa berkemampuan matematika tinggi yang mampu menggunakan berbagai teknik yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah (misalnya, menggambar gambar, menggunakan rumus, menyelesaikan persamaan).dan hanya siswa berkemampuan matematika sedang yang mampu menentukan batasan masalah. 
Institution Info

STKIP PGRI Sidoarjo