Abstract :
Status Gizi merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Kekurangan gizi akan menebabkan kegagalan pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan dan menurunkan daya tahan tubuh yang berakibat meningkatnya angka kesakitan dan kematian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan tumbuh kembang anak kelas III dan IV di SDN Karah I Kota Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan mengunakan rancangan analitik korelatif untuk mengetahui variabel bebas, populasinya 36 anak yang memenuhi kriteria inklusi teknik pengambian sampel dengan porposive sampling atau sampel bertujuan. Metode pengumpulan data dengan lembar observasi, pelaksanaan (pengukuran tinggi badan dan berat badan) dan kuesioner, dan juga menggunakan uji Chi-square untuk menentukan hasil/nilai P. Analisis data dengan uji Chi-Square niai P = (α<0,05), hasil penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji statistik untuk hubungan status gizi dengan pertumbuhan, Chi-Square nilai P = 0,015 (α<0,05) dan untuk status gizi dengan perkembangan, Chi-Square nilai P = 0,198 (α<0,05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan tumbuh kembang anak kelas III dan IV di SDN Karah I Kota Surabaya. Pentingnya memperhatikan kesehatan anak usia sekolah dalam hal gizi agar tidak berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangannya. Karena jika gizi anak kurang atau buruk bisa berdampak pada kesehatan anak dan hal itu bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.