Abstract :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa
SMA berdasarkan teori APOS ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah enam siswa SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA
3 yang masing-masing mempunyai kemampuan matematika tinggi, sedang, dan
rendah. Pengambilan keenam subjek didasarkan pada hasil tes kemampuan
matematika. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes: (1)
tes kemampuan matematika (2) tes pemahaman konsep matematika dan metode
wawancara. Keabsahan data penelitian diperoleh dengan triangulasi teknik dan
sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika
berdasarkan teori APOS pada siswa berkemampuan matematika tinggi memenuhi
keempat indikator pemahaman konsep matematika: (1) menyatakan ulang sebuah
konsep (2) mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan
konsep (3) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika
(tabel, grafik, atau diagram) (4) menggunakan dan memanfaatkan serta memilih
prosedur atau operasi tertentu serta melalui semua tahapan pada teori APOS yaitu,
tahap Aksi, Proses, Objek, dan Skema. Sedangkan siswa berkemampuan
matematika sedang dan rendah hanya memenuhi satu indikator pemahaman konsep
matematika yaitu, menyatakan ulang sebuah konsep dan hanya melalui satu tahapan
teori APOS yaitu, tahap Aksi.