Abstract :
Model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang membimbing siswa untuk
terampil dan mandiri dalam menyelesaikan masalah melalui proyek nyata. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi perbandingan
trigonometri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah
32 siswa kelas X IPS-3 SMA Walisongo Gempol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling.
Rancangan penelitian ini menggunakan one-shot case study, karena dalam penelitian ini hanya
menggunakan satu kelas yang diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis
proyek. Adapun instrumen pada penelitian ini yakni: 1) lembar observasi aktivitas guru 2) lembar
observasi aktivitas siswa 3) lembar soal tes hasil belajar 4) lembar angket respons siswa. Hasil dari
penelitian ini diperoleh bahwa aktivitas guru memperoleh skor 3,8 sehingga dapat dikatakan sangat baik,
aktivitas siswa memperoleh persentase ? 61% sehingga dapat dikatakan aktif, ketuntasan pembelajaran
secara klasikal memperoleh skor 84,375 sehingga dapat dikatakan berhasil, dan angket respons siswa
pada setiap indikatornya secara keseluruhan mendapat respons kuat dan sangat kuat, sehingga respons
siswa memperoleh respons yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui penerapan
model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi perbandingan
trigonometri