Abstract :
Dalam pembelajaran matematika setiap individu memiliki cara yang berbeda
dengan individu lain dalam menyajikan kembali gagasan-gagasan matematis yang
didapatkan dari proses pemikiran yang kemudian disampaikan dalam bentuk
tulisan sebagai model atau bentuk pengganti yang mewakili bentuk lain dari
permasalah yang ada untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Perbedaan
cara penyajian kembali gagasan-gagasan matematis ini disebut kemampuan
representasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kemampuan representasi matematis siswa bergaya kognitif visualizer dan
verbalizer dalam menyelesaikan soal PISA. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan
pada tahun ajaran 2019/2020 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan kelas X MIPA
3. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan angket gaya kognitif
visualizer-verbalizer yang menunjukkan tiga belas siswa bergaya kognitif
visualizer dan tiga belas siswa bergaya kognitif verbalizer. Setelah melakukan
perhitungan skor angket, maka diperoleh Subjek penelitian yang terdiri dari dua
siswa bergaya kognitif visualizer dan dua siswa bergaya kognitif verbalizer.
Analisis data dalam penelitian ini meliputi: mereduksi, menyajikan, dan menarik
kesimpulan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal
PISA. Dari penyelesaian soal tes yang diberikan serta wawancara yang dilakukan
kepada masing-masing subjek diperoleh hanya ada dua kemampuan representasi
matematis dari tiga jenis kemampuan yang digunakan. Siswa bergaya kognitif
visualizer menggunakan representasi simbol dalam menyelesaikan soal tes.
Sedangkan siswa bergaya kognitif verbalizer menyelesaikan soal dengan
menggunakan jenis representasi verbal.