Abstract :
Kemampuan membaca dinilai sangat penting dimiliki oleh seorang anak,
karena merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ilmu dan pengetahuan. Anak
yang mengalami kesulitan belajar terutama dalam hal membaca pada retardasi mental
ringan, harus membutuhkan penanganan dan perlakuan yang khusus, tidak bisa
disamakan dengan anak reguler lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan bentuk fona dan kata pada membaca puisi anak retardasi mental
ringan. Metode penelitian yang dilakukan yakni desain kualitatif deskriptif jenis studi
kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang anak kelas 5 SD di SDI Yaspai. Instrumen
penelitian pada penelitian studi kasus ini adalah (1) lembar observasi, (2) lembar
wawancara, dan (3) lembar dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik
pengumpulan data antara lain: (1) trianggulasi sumber, (2) trianggulasi teknik, dan
(3) trianggulasi waktu. Tahapan analisis data pada penelitian ini yaitu
(1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) Penarikan
Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian dari analisis ditemukan bahwa anak
retardasi mental ringan (VAM) mampu memenuhi beberapa kriteria dalam fona. Hal
ini dapat dilihat dari hasil observasi fona yang menunjukkan bahwa anak dapat
membaca dengan vokal rendah sampai sedang, pada dua suku kata anak dapat
membaca diftong (ai) dan (au) dengan benar, anak retardasi mental ringan dapat
membedakan bunyi huruf P dengan q, dan V dengan W. Selain itu anak (VAM) dapat
memenuhi beberapa kriteria dalam kata. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kata
yang menunjukkan bahwa anak dapat membaca vokal (au), (ai), dan huruf (ng)
dengan benar pada dua suku kata.