Abstract :
Industri televisi saat ini telah tumbuh dengan pesat. Ada 46 lembaga penyiaran televisi swasta yang ada di Jawa Timur, dan 10 diantaranya adalah televisi lokal yang bersiaran di Kota Surabaya, salah satunya adalah NET. Biro Jawa Timur. Sebagai media massa televisi tidak hanya berfungsi sebagai sarana untuk mempengaruhi (to persuasive) maupun hiburan (to entertaiment), namun juga sebagai media untuk memberikan informasi (to inform), dan mendidik (to educate). Dalam penelitian yang berjudul “Pengaruh Program Berita NET. JATIM terhadap pemenuhan kebutuhan informasi lokal masyarakat Surabaya†ini, bertujuan untuk menggambarkan pengaruh Program Berita NET. JATIM di televisi NET. Biro Jawa Timur terhadap pemenuhan kebutuhan informasi lokal masyarakat di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mencari hubungan antara variabel X (Program Berita NET. JATIM) dengan variable Y (pemenuhan kebutuhan informasi lokal masyarakat Surabaya). Penelitian ini dilakukan di wilayah Surabaya dengan paradigma deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis tabel tunggal dalam menganalisis jumlah frekuensi dan kolom persentase untuk setiap kategori. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan penelitian kepustakaan (Library Research). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 2.765.487 orang dengan sampel yang didapat menggunakan rumus Slovin (1996) sebanyak 100 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi massa, televisi, berita, konten lokal, Teori Lasswell dan teori Uses and Gratification. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Program Berita NET. JATIM berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi lokal masyarakat Surabaya. Masyarakat Surabaya membutuhkan informasi lokal khususnya di wilayah Jawa Timur yang dikemas secara menarik oleh televisi NET. Biro Jawa Timur, sehingga mampu memenuhi kebutuhan informasi mereka.