DETAIL DOCUMENT
PENGARUH AKUN INSTAGRAM “RISALAH HATI NET. JATIM” TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN AGAMA ISLAM (Studi Kuantitatif, Pada Pengikut Akun Instagram Risalah Hati NET. Jatim)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws
Author
DHAYU PURANDI, FARIZ
Subject
HE Transportation and Communications 
Datestamp
2019-04-04 08:56:04 
Abstract :
Perkembangan teknologi informasi di masa sekarang mempermudah dan mempercepat kita dalam memperoleh informasi yang kita inginkan. Salah satu perkembangan teknologi yang sering menjadikan konvergensi media ini adalah Internet, yang kini juga dapat melahirkan jaringan baru yang disebut media sosial. Media sosial menjadi sangat praktis dengan didukungnya perangkat yang mobile dalam mengakses internet yaitu Smartphone. Dalam hal ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha media yang lain, seperti koran, tv, maupun radio, untuk menjadikan media itu sendiri lebih mendapat banyak keuntungan dengan menyambungkan program-program media itu ke media sosial mereka. Peran media televisi, salah satunya yang sering terlihat saat ini sebagai media yang berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan informasi maupun hiburan kepada khalayaknya dengan memaksimalkan media sosialnya. Seperti pada program religi dari NET. Biro Jatim yaitu Risalah Hati NET. Jatim yang berusaha memaksimalkan peran media sosialnya sebagai Second Media, yang memberikan informasi seputar agama Islam kepada khalayak. Peneliti melihat adanya pengaruh yang besar dari internet khususnya media sosial dalam meningkatkan pengetahuan dan informasi bagi khalayak. Oleh karena itu, penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial Instagram yaitu media sosial yang dilengkapi visual maupun audio saat ini. Peneliti mengambil salah satu akun media sosial Instagram dari televisi, yang mengenai informasi tentang agama Islam yaitu Risalah Hati NET. Jatim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan teori Uses and gratification dimana khalayak memilih media yang mereka inginkan dalam mengkonsumsi media. Teori ini menyajikan kesenjangan antara gratification sought dengan gratification obtain yaitu menekankan kepuasan yang dicari khalayak oleh sebab tertentu dengan hasil kepuasan yang nyata setelah mengkonsumsi suatu media. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Instagram khususnya akun Risalah Hati NET. Jatim memberikan pengaruh besar dalam memberikan informasi seputar agama Islam serta sangat kecil adanya kesenjangan antara GS dan GO, hal ini ditunjukan dengan pernyataan konten informasi tauziah tentang agama Islam memberi tingkat kepuasan yang sesuai harapan yaitu sebesar 72,82%, serta peningkatan informasi dan pengetahuan agama Islam seluruh variabel atau konten akun sebesar 63,83% dari 92 responden yang menjawab. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Aws