Abstract :
Sengitnya persaingan yang ada di industri penyiaran radio di Indonesia khususnya di kota besar Surabaya, membuat semua stasiun radio saling berlombauntuk membuat program baruataupun mengemas program yang sudah adasehingga dapat menarik hati para pendengarnya sesuai dengan segmentasi yang dituju, salah satunya adalah radio Suara Muslim Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan radio Suara Muslim untu meningkatkan jumlah pendengar perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari Nielsen, wawancara, dan observasi. Kajian teorinya menggunakan strategi penyiaran radio.
Untuk menjawab rumusan masalah, maka sebagai hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan adalah:1.Strategi Buaian yang digunakan untuk membangun pendengar pada satu acara baruuntuk meningkatkan jumlah pendengar 2.Strategi Penghalang yang digunakan untuk merebut perhatian pedengar dengan cara melakukan perubahan jadwal program acara secara tepat dan 3.Strategi Head to Head untuk menarik perhatian pendengar radio lain untuk mendengarkan program acara radio lain.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa dengan menggunakan ke-3 strategi radio Suara Muslim berhasil meningkatkan jumlah pendengar perempuan bisa diketahui dari data Nielsen bulan Maret 2017.