Abstract :
Pola Asuh adalah untuk mempertahankan kehidupan fisik anak dan meningkatkan kesehatanya, memfasilitsi anak untuk mengembangkan kemampuan sejalan dengan tahapan perkembagannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh yang di berikan pada anak. Metode penelitian mengunakan cross sectional. Populasi yang di gunakan adalah seluruh siswa/siswi TK Al Hudah Karah Agung Surabaya sebanyak 32 anak. Variabel independent dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua. Varriabel dependent dalam penelitian ini adalah kemampuan sosialisasi pada anak usia prasekolah. Analisa data yang gunakan adalah uji Chisquare. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar (81,3%) orang tua mendidik anaknya mengunakan pola asuh demokratis dan sebagian kecil (18,8%) orang tua menerapkan pola asuh otoriter untuk mendidik anaknya. Dan dari hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar kemampuan sosialisasi 24 anak (75,0%) normal, 6 anak (18,8%) abnormal, dan 2 anak (6,3%) meragukan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan pola asuh demokratis orang tua dengan anak yang memberikan pengaruh posotif terhadap perkembangan anak. Dan di harapkan bagi orang tua mampu memberikan pengasuhan yang lebih baik lagi.