DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN KLIEN DIRUANG RAWAT INAP TULIP DAN DAHLIA DI RSAD KODAM V BRAWIJAYA SURABAYA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Merdeka Surabaya
Author
Fitri, Nur
Subject
RM Therapeutics. Pharmacology 
Datestamp
2019-09-27 02:24:23 
Abstract :
Latar Belakang Komunikasi terapeutik merupakan hal yang penting dalam membina hubungan antara individu, keluarga dan masyarakat dan pada profesi keperawatan komunikasi terapeutik lebih bermakna, untuk mencapai kesehatan yang optimal yang dilakukan perawat untuk meningkatkan saling percaya, dan membantu mengatasi masalah klien dengan berkomunikasi, dimana perawat dapat mendengarkan perasaan klien dan menjelaskan prosedur tindakan keperawatan, apabila tidak diterapkan komunikasi terapeutik akan mengganggu hubungan komunikasi terapeutik yang akan berdampak ketidak puasan klien Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubugan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan klien di ruang rawat inap Tulip dan Dahlia RSAD Kodam V Brawijaya. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap Tulip dan Dahlia RSAD Kodam V Brawijaya pada bulan juni 2018 dengan Metode mengunakan desain kuantitatif observasional dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling 48 responden untuk di mintai pendapat tentang kepuasan klien terhadap komunikasi terapeutik perawat. Analisa bivariat dengan uji statistik Chi Square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan dengan kepuasan klien di ruang rawat inap Tulip dan Dahlia RSAD Kodam V Brawijaya dengan nilai P-value 0,000 < p (0,05), dapat di simpulkan bahwa ada hubungan sangat signifikan antara hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan klien, khususnya bagi ruang rawat inap Tulip dan Dahlia agar meningkatkan pelayanan dan komunikasi terapeutik yang berkualitas, tetap mempempertahankan komunikasi terapeutik yang sudah diterapkan dalam pelayanan kesehatan yang diberikan kepada klien dan masyarakat, dengan fokus pada tahap perkenalan, memperbaiki kemampuan melaksanakan perkenalan diawal pertemuan dengan klien dalam melakukan pelayanan kesehatan untuk memberikan informasi yang tepat kepada klien. 
Institution Info

Universitas Merdeka Surabaya