Abstract :
Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan
komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia. Pada saat
sekarang ini internet merupakan salah satu sektor teknologi informasi yang
perkembangannya sangat pesat. Hal itu bisa dilihat dari semakin meningkatnya
pengguna internet, karena internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian
orang. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, dunia otomotif pun
berkembang dengan bertambahnya saingan yang semakin kompetitif. Untuk
meningkatkan penjualan mobil, PT. Prima Surya Persada (Ford Bandung) terus
melakukan promosi produk kepada masyarakat. Bentuk promosi yang dilakukan
yaitu berupa pameran-pameran, test drive kendaraan dan memberikan suku bunga
rendah. Minimnya media promosi berdampak pada tingkat penjualan yang
menyebabkan tidak tercapainya target penjualan. Untuk mengatasi masalah
tersebut, maka dibangun sebuah sistem informasi penjualan dan promosi dengan
media perantara lainnya yaitu internet.
Dalam pengembangan sistem ini, penulis menggunakan metode SDLC
dimana analisis dan perancangan sistemnya menggunakan alat bantu flowmap,
diagram konteks, kamus data, normalisasi, relasi tabel dan ERD.
Dibangunnya sistem informasi penjualan dan promosi seecara on-line ini
bertujuan untuk memudahkan customer dalam mengakses mengenai produkproduk
FORD dan melakukan pemesanan produk FORD. Sehingga promosi
FORD bisa lebih menyebar luas dan diterima masyarakat agar penjualan bisa
mencapai target yang direncanakan.